Lambang Agama Khoghucu

Lambang dalam agama khonghucu itu disebut dengan Boktok atau Genta / Mu Tuo, bentuknya itu seperti lonceng.

Genta sendiri merupakan suatu alat pemberitahuan / panggilan untuk rakyat agar berkumpul untuk mendengarkan pengumuman / berita / perintah / maklumat yang dikeluarkan oleh kaisar / raja. Genta itu terbuat dari bahan logam, tetapi pemukulnya
menggunakan kayu, oleh karena itu dinamakan Mu Duo / Bok Tok, Mu / Bok memiliki arti kayu sedangkan Duo / Tok artinya adalah genta yang terbuat dari logam, karena itu huruf Duo / Tok terdapat unsur logamnya.
Jadi lambang Genta bagi umat khonghucu sendiri, memiliki arti bahwa "Nabi Khongcu telah diutus oleh Thian untuk memberitahukan / menjelaskan / menyebarkan tentang Firman / perintah Thian, maka di Indonesia berdasarkan kongres yang sebelumnya telah diadakan, menetapkan "Genta" sebagai lambang agama Khonghucu yang ada di Indonesia.

Elemen-elemen yang ada didalam Bok Tok sendiri memiliki arti, antara lain :
  • Gantungan Genta memiliki tiga lekukan yang melambangkan : Tripusaka:
* Zhi Ren Yong : Bijaksana, Cinta Kasih dan Berani
* Zhong Shu : Satya dan tepasarira = Satya pada firman Thian merupakan hubungan Vertikal manusia dengan Thian dan tepasarira hubungan dengan manusia yang merupakan hubungan horizontal. Tepasarira  apa yg diri sendiri tidak diinginkan, jangan berikan pada orang lain.
* Zhongshu diambil dari ayat suci
Lun Yu (Sanda Suci) IV : 15 = Jalan Suciku satu yang menembusi semuanya, yakni zhong shu - Satya dan Tepasarira.
* Diatas tulisan Zhong Shu Ini ada gambar/ornamen wan li chang zhen/
tembok china yg jumlahnya ada lima : melambangkan Ren Yi Li Zhi Xin = Cinta Kasih, Kebenaran, Kesusilaan, Kebijaksanaan dan Dapat Dipercaya.

  • Sedangkan gambar wan li chang chen dibawah huruf zhongshu jumlahnya ada tujuh : melambangkan Qi Jing : Tujuh perasaan yang ada pada manusia = gembira,marah, sedih, takut, asmara (birahi), sifat buruk(jahat) & keinginan.
  • Tumpuan genta/kaki genta terdiri dari lima buah, melambangkan lima hubungan manusia di dunia : wu lun : atasan dgn bawahan, orangtua dgn anak, suami dgn istri, kakak dgn adik, teman dgn sehabat.

Adapun lambang GENTA yg kita tahu sekarang nampak berbandul, sebenarnya Mu Duo/Bok Tok tidak memiliki bandul, namun dulu para pakar agama KHC di Indonesia memberi alasan bahwa pemukul kayu itu disimpan dgn digantungkan di dalam genta sehingga nampak seperti genta yang berbandul atau dgn kata lain seperti lonceng/bel.

Lambang genta yg sekarang sekalipun bukan lonceng/bel, dengan lambang yg nampak maka genta tersebut sedang dalam keadaan tidak berbunyi, atau tidak sedang aktif menggemakan Firman Tian, karena pemukul kayunya sedang disimpan menggantung di dalam Genta. Oleh karena itu kita harus membunyikannya agar ajaran Khonghucu ini bisa terdengar hingga seluruh dunia. (Chew Kong Giok)

Sumber : http://loktavia.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar