CITA-CITA MU ADALAH CITA-CITA KAMI JUGA


Nabi duduk, Gan Yan dan Kwi-lo mendampinginya. Nabi bersabda, "Mengapa kalian tidak menyatakan cita-citamu?" 

 (2) Cu-lo berkata, "Murid ingin mempunyai kereta berkuda dan pakaian indah berbulu ringan untuk murid pakai bersama kawan-kawan; dan, sekalipun terusakkan, murid tidak menyesal." 

 (3) Gan Yan berkata, "Murid ingin tidak menonjolkan kebaikan diri dan memamerkan jasa." 

 (4) Cu-lo berkata pula, "Murid ingin pula mendengar cita-cita 

Nabi bersabda, "Aku ingin membahagiakan orang-orang yang sudah lanjut usianya, bersikap Dapat Dipercaya kepada kawan dan sahabat, dan mengasuh para muda dengan kasih sayang." 


Bagi umat Agama Khonghucu sudah seharusnya mengetahui tentang hal ini.. tentang sebuah keinginan dan harapan sang Guru Besar, Guru agung sepanjang masa.

Saat zamannya Nabi sudah melaksanakan dan menggapai cita-cita itu. Beliau mempunyai 3000 orang murid yang belajar kepada beliau, beliau tidak merasa lelah dalam hal mengajar ke 3000 orang muridnya… hingga mencapai suatu pengetahuan.


Walaupun Nabi telah ditinggal wafat sang ayah saat Nabi berusia 3 tahun dan juga saat Nabi berusia 24 tahun TIAN mendukakan nnya lagi yang ditinggal wafat ibunda tercinta. Sungguh sangat sedih Nabi saat itu. Tetapi Nabi tetap membahagiakan Kedua orang tuanya dan juga para leluhurnya. 


Nabi pun memiliki kawan dan sahabat para pembesar dan para raja. Beliau di berikan satu jabatan saat beliau masih berada di negeri Lu.. Nabi begitu memegang sikap dapat dipercaya kepada rajanya sehingga banyak kepercayaan yang di dapatkan Nabi Kongzi.



Pertanyaan untuk diri kita masing-masing….

Lalu, saat zaman sekarang yang penuh dengan modernisaasi apa yang harus kita lakukan melalui hal diatas???

Teman-teman sekalian, sebuah Kitab pada agama apapun , bukan hanya untuk dipercaya begitu saja.. tapi seharusnya kita memaknai dan mencari pesan apa yang tersurat dari lembar- perlembar kutipan ayat di dalam kitab susi kita.


Begitupun di dalam agama khonghucu, kita memiliki kitab yang pokok yaitu kitab Si Shu dan kitab yang mendasari yaitu Wu Jing.  Semua pasti meyakini ada nya  kedua kitab tersebut. Tetapi sudahkah kita mengambil inti sari dari setiap pesan yang tersurat di sana????

 judul forum ini adalah “CITA-CITA MU adalah CITA-CITA KAMI JUGA”

Nabi Kongzi memiliki cita-cita yang begitu sangat beliau harapkan pada saat masa sekarang ini, di tengah teknologi yang berkembang pesat dan pengaruh globalisasi yang besar.

Dari Kutipan ayat di bawah ini ….  


"Aku ingin membahagiakan orang-orang yang sudah lanjut usianya, bersikap Dapat Dipercaya kepada kawan dan sahabat, dan mengasuh para muda dengan kasih sayang."





Hal di atas adalah merupakan sebuah pesan yang Nabi Kongzi tinggalkan untuk diri kita sekarang sebagai penerus agama khonghucu yang juga termasuk kedalam murid-murid Nabi Kongzi. 


Nabi menginginkan kita tidak semata-semata hanya membaca, mengartikan tapi yang terpenting adalah aplikasi kan dalam hidup ini.. memang kita tidak dapat bertemu dengan kita secara fisik, tapi rohani Nabi dan ajaran Nabi ada di dalam hati kita bukan????



Teman dan kawan –kawan ku…..


Hal pertama dari cita-cita Nabi itu hal pokok dalam hidup.. orang –orang yang telah banyak berjasa untuk agama kita termasuk kedua orang tua kita.. baik itu yang masih ada ataupun yang telah tiada… kita sebagai generasi penerus patut mengucapkan terima kasih kepada mereka, mungkin kita malu atau sungkan untuk memberikan terima kasih secara langusng kepada mereka yang masih bersama kita. Tapi kita bias panjatkan Doa Kehadapan TIAN atas segala anugerah yang sudah kita dapatkan sehingga kita sudah sama kedudukan nya dengan agama-agama lain yang ada di Indonesia. 


Dan hal kedua tanpa ada nya kepercayaan dari sesama untuk bersama-sama membangun agama kita,, kita tidak akan bisa untuk maju. MATAKIN butuh bantuan kita, untuk bersama mengembangkan agama Khonghucu ini.. 


Sisihkan sedikit waktu, tenaga dan pikiran kita untuk sejenak memikirkan perkembangan agam khonghucu ini… hilangkan semua kata-kata “saya tidak termasuk dalam pengurus, sya tidak bisa bantu” dan kendalikan juga untuk berambisi menjadi ketua dan hanya mementingkan kepentingan kelompok… bukankah alangkah indah kalau kita bergandengan tangan untuk bersama-sama maju????

Renungkanlah hal ini kawan dan sahabatku. 


Serta hal yang ketiga ini hal penting .

Mengasuh para muda dengan kasih sayang.


Teman dan sahabatku..

Mengasuh para muda dengan kasih saying, adalah suatu kegiatan yang sangat mulia… kita memang membutuhkan kesabaran di dalam menghadapi mereka yang masih bersekolah SD.. tapi kita harus jauh berfikir jauh kedepan bahwa mereka lah yang akan menggantikan posisi kita sekarang ini.. yang akan menjadi penerus agama khonghucu.

Kenapa kalian tidak mengasuh sekolah minggu ??? ada yang menjawab tidak bisa… dan tidak tahu bagaimana cara mengasuhnya.. 


Sedikit renungan..

Pernahkah kita bersekolah minggu dulu ??? atau kita semua pasti melewati masa kanaka-kanak.. bagaimana waktu itu guru kita mengasuh kita saat kita di sekolah ??? masih ingatkah jasa-jasa mereka??? 


Teman dan sahabat ku..

Adik-adik sekolah minggu kita butuh banyak pengetahuan tentang agama Khonghucu. Mereka ingin mengetahui siapa itu Nabi Kongzi, siapa ayah dan ibunya dan masih banyak lagi.. 


Haruskah mereka tidak mendapatkan kasih sayang kita di saat mereka membutuhkan kita???? 


Haruskah mereka ikut kebaktian yang lebih jauh umurnya dari umur mereka sekarang ( Makin) ??  


haruskah terucap dari mulut manis mereka, aku tidak mau sekolah minggu lagi, karena tidak ada yang ngasuh??? 


Haruskah pesan Nabi dan cita-cita Nabi tidak terwujud pada saat zaman sekarang ini??? 


Kita punya sekolah minggu,, bukan sekolah formal, tidak juga memakai seragam..

Diadakannya juga tiap hari minggu…

Di sana kita mengasuh , di sana juga kita belajar, di sana juga kita dapat pengetahuan..



Teman-teman dan sahabatku…..

Melalui blog ini.. atas izin dari Dq, Donnie Tandian…. Saya mengajak untuk kita bersama –sama saling sharing (baik itu berupa materi sekolah minggu, cara mengajar, kritik dan saran untuk bersama-sama kita kembangkan sekolah minggu di Masing-masing MAKIN tempat kita bernaung). 


Kalian bisa berkirim pesan ke : efan.goutama8@gmail.com
                                                                 (Wa: 0858 1456 2185)

                                                                 sekolahminggu8@gmail.com



cita-citamu adalah cita-cita ku juga... sebuah judul yang sederhana tapi syarat makna untuk kedepannya... Nabi punya cita-cita untuk melihat umat dan murid-muridnya mampu mewujudkannya di zaman sekarang ini.. Nabi pasti tersenyum bila kita mampu mewujudkannya. 

 saya harapakan partisipasinya .. untuk dapat mengembangkan sekolah minggu.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar