TANYA JAWAB KEIMANAN KONFUSIANI

WEI DE DONG TIAN,

Silahkan Daoqin download dokumen atau artikel tentang "TANYA JAWAB KEIMANAN KONFUSIANI". Berikut ini adalah sedikit isi dari dokumen atau artikel tentang "TANYA JAWAB KEIMANAN KONFUSIANI".

1. Apa Agama Khonghucu itu?
Agama Khonghucu yang aslinya disebut RU JIAO 儒教 atau Agama Bagi Umat Yang Lembut Hati (yang terbimbing atau terpelajar) adalah bimbingan hidup karunia Tuhan (TIAN XI ), Tuhan Yang Maha Esa yang diturunkan lewat Nabi dan para Suci purba yang digenapkan , disempurnakan dengan ajaran Nabi Kongzi.

2. Apa definisi Agama menurut iman Konfusiani atau agama Khonghucu?
Agama adalah bimbingan hidup karunia Tuhan Yang Maha Esa agar manusia mampu membina diri menempuh DAO atau Jalan Suci, yakni: hidup menegakkan Firman Tuhan (TIAN MING 天命) yang mewujud di dalam Watak Sejati (XING), hakekat kemanusiaan insani. Hidup beragama berarti hidup beriman (CHENG XIN 誠信) kepada Tuhan dan lurus satya melaksanakan FirmanNya.

3. Mengapa perlu memeluk Agama Khonghucu?
Dengan memeluk agama Khonghucu, manusia akan mendapatkan pengertian, pemahaman dan mengimani apa makna hidup manusia sebagai makhuk ciptaan Tuhan dan mendapatkan tuntunan bagaimana wajib, mau dan mampu menegakkan diri sebagai manusia; mendapatkan rumah atau kediaman yang selamat (AN ZHAI 安宅) dan jalan yang lurus (ZHENG LU 正路) di dalam hidup ini.

4. Apa makna hidup manusia sebagai ciptaan Tuhan?
Hidup manusia ini bermakna, bukan suatu yang khayal atau sia-sia; manusia difirmankan Tuhan Yang Maha Esa hidup dan dihadirkan di dunia ini lewat ayah-bunda dan leluhurnya; manusia mengemban tanggung jawab suci sebagai pengemban Firman Tuhan. Tanggung jawab suci itu ialah menegakkan nilai-nilai luhur kemanusiaannya, Kebajikan Gemilang (MING DE 明德) yang terkandung di dalam Watak Sejati atau XING-nya, yang wajib diamalkan dengan Satya (ZHONG ) di dalam hidupnya.

5. Bagaimana agar hidup manusia itu bermakna?
Hidup manusia  menjadi bermakna bilamana mampu membina diri (XIU SHEN 修身) menempuh Jalan Suci (XING DAO 行道), menjadi insan yang satya dan dapat dipercaya (ZHONG XIN 忠信) sebagai makhluk ciptaan Tuhan dalam melaksanakan FirmanNya, dengan mengasihi tepasarira (REN , SHU ) kepada sesama manusia, menyayangi sesama makhluk dan bertanggung jawab menjaga dan merawat kelestarian lingkungan hidupnya (AI WU 愛物). Inilah Jalan Suci Yang SATU, Yang Menembusi Semuanya (YI GUAN ZHI DAO 一貫之道).

Download TANYA JAWAB KEIMANAN KONFUSIANI (Untuk Microsoft Office 2003)
Download TANYA JAWAB KEIMANAN KONFUSIANI (Untuk Microsoft Office 2007)

Semoga Bermanfaat. Shanzai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar