Kitab Suci dan Bacaan Rohani Agama Khonghucu dalam Format eBook (EPUB)

Wei De Dong Tian.

Oleh : Robert Setiadi
Mengapa format EPUB, bukankah format PDF lebih populer?
Format PDF ibaratnya seperti kertas, dia akan tampil sesuai dengan tata letak pada saat dibuat. Di layar besar seperti layar monitor komputer, file PDF tentu dapat tampil dengan baik.
Akan tetapi, saat ini lebih banyak orang mengakses berbagai materi melalui alat-alat mobile seperti smartphone dan tablet.
Ketika dibuka di layar yang kecil, membaca PDF akan menjadi kurang nyaman. Oleh karena itu format EPUB muncul sebagai standar baru.

Dengan format EPUB, teks yang ada di dalam sebuah buku akan “mengalir” menyesuaikan diri dengan ukuran layar yang dipakai. Berapa pun ukuran layar kita, semuanya akan tertampil dengan baik; ukuran huruf dapat disesuaikan dengan kebutuhan (cocok untuk pembaca yang sudah berumur); dan fitur daftar isi format EPUB sangat berguna agar kita dapat dengan cepat menuju ke bagian tertentu.
Bagaimana cara membaca format EPUB?
Jika menggunakan Windows (XP ke atas) maupun Mac OSX (Snow Leopard ke atas), EPUB dapat dibaca dengan berbagai program gratis sepertiAdobe Digital EditionsCalibre, Firefox ePub Reader dan masih banyak lagi.
Di iPhone, iPad dan iPod touch, format EPUB dapat dibuka dengan menggunakan iBooks app dari Apple. Caranya, cukup drag file EPUB ke iTunes library, pastikan pilihan untuk sync buku dipilih, lakukan sync dengan device yang kita miliki. Ada juga berbagai app lain yang bisa di-download dari AppStore seperti Bluefire. Di Android, EPUB dapat dibaca dengan berbagai app seperti Aldiko dan Moon Reader.
Berbagai eReader device lain seperti Sony Reader dan Kobo juga dapat membuka file EPUB ini, silakan baca buku panduan device masing-masing untuk mempelajari caranya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar